Jumat, 20 Agustus 2010 | By: Rahman Raden

.12 Tahun Yang Lalu Dan Sekarang

Benar-benar terasa beda, dulu waktu aku masih SD dengan sekarang. Global Warming dan Modernisasi Global yang mengubah itu semua.
Kalau Dulu:
1. Menyimpan Gelas Kosong di Ruang Terbuka pada malam hari maka pagi harinya gelas tersebut akan berisi air embun hingga meluap.
2. Depan rumahku ada sebuah kali, kali tersebut bermuara di sungai kapuas kondisi airnya bersih, dalam bahkan terkadang jika air pasang, rasa asin bisa terasa karena sungai kapuas yang membawanya dari selat karimata.
3. Aku diwaktu kecil bermain langsung berinteraksi dengan alam, bermain diantara ilalang yang hijau setinggi orang dewasa bahkan aku dan teman-teman tanpa rasa takut bermain di area ilalang yang tinggi dan lebat. Tidak Berlaku rasa takut jika lelah bermain diantara ilalang aku dkk bermain petak umpet diantara rindangnya pepohonan dan bisa menyantap buahnya.
4. Jika siang hari setelah sholat dhuhur, burung gereja menemani dengan nyanyian-nyanyian indahnya.
5. Sore Hari burung elang terbang secara bebas di angkasa, berputar-putar dengan suaranya yang menakutkan bagi anak-anak ayam yang bermain di antara padang rumput.

Tapi Sekaran:
1. Menyimpan gelas kosong diruangan terbuka pada malam hari maka pagi harinya embun tidak lagi mengisinya dengan air walaupun ada itu sedikit dan sudah tercampur dengan polusi Bus Malam yang lewat.
2. Kali depan rumahku sudah tidak seperti dulu. sekarang kondisinya semakin kecil karena pembangunan jalan raya yang semakin lebar. Air pasang yang dikirimi oleh sungai kapuas tidak maksimal lagi. Sedikit tersumbat dengan jembatan yang menghubungkan kerumah warga yang semakin padat.
3. Sekarang anak-anak sudah tidak lagi bermain dengan alam, anak-anak kecil itu sudah modern mereka bermain dengan teknologi dari negeri Barat dan Asia Timur.
4. Tidak ada lagi burung gereja karena habitatnya sudah menjadi Kopmplek Perumahan kaum Urban.
5. LAMA Sekali tidak melihat Burung elang terbang di angkasa di sore hari.

Begitulah SEDIKIT perbedaan 12 tahun yang lalu dengan sekarang, apakah anda juga mengalami seperti yang aku alami di lingkungan anda?

* Rahman Raden El Egypt

2 komentar:

Syafaat Ahmad mengatakan...

betul banget kawan, sangat disayangkan sekali perubahan alam yang semakin hari kini semakin meringis

Rahman elegypt sang penulis mengatakan...

maka dari itu kita harus menjaga lingkungan kita sendiri

Posting Komentar