Selasa, 22 Oktober 2013 | By: Rahman Raden

5 Fakta Unik Kota Pontianak


Kapal Fery alias Pelampung di Kota Pontianak


Di tahun 2013 ini tepatnya tanggal 23 Oktober kota Pontianak akan merayakan hari jadinya yang ke 242. Di usia yang sudah dua abad lebih ini kota Pontianak sudah mulai dikenal baik dan berkembang, baik di sektor ekonomi, sosial budaya dan pembangunan disektor pariwisata secara Nasional. Di usia ke 242 ini

Nah bertepatan dengan hari jadi kota Pontianak ke 242 ini saya akan sedikit mengupas beberapa fakta unik yang ada di Pontianak. Fakta-fakta uniki ini semoga bisa menjadi bahan informasi yang baik untuk seluruh orang yang “Kepo” tentang kota Pontianak.

1.       Korem itu adalah markas TNI yang kepanjangannya adalah Komando Resor Militer, tetapi di Pontianak, Korem itu adalah Alun-alun Kapuas yang ada ditengah kota. Kebetulan Alun-Alun Kapuas ini berada di depan Korem maka masyarakat kota Pontianak lebih akrab menyebut Alun-alun dengan sebutan Korem. Nggak nyambung memang tetapi ini Fakta.

2.       Pelampung itu adalah sejenis perahu karet yang berukuran kecil berdiameter kurang lebih 1 meter. Tapi taukah bahwa Faktanya di kota Pontianak, masyarakatnya lebih terbiasa menyebut Pelampung untuk kapal penyeberangan Fery. Jadi hanya di kota Pontianak pelampung itu berwujud kapal Fery berbahan besi buka karet.

3.       Sungai terpanjang di Indonesia itu sungai Kapuas yang membelah kota Pontianak, ada banyak sungai-sungai kecil dan Parit (Kali) bermuara di sungai Kapuas. Wilayah di kota Pontianak itu identik dengan sungai dan parit. Ada Sungai Jawi, Sungai Beliung, Sungai Raya, Parit Tokaya, Parit H Husein, Parit Wan Salim, Parit Pangeran, dan ratusan namasungai dan parit lainnya jika di total dengan yang ada di Kab Pontianak.

4.       Mitra adalah rekan, teman atau relasi. Faktanya di kota Pontianak ada banyak supermarket besar  yang menggunakan nama Mitra. Contohnya Mitra Anda, Garuda Mitra, Ligo Mitra, Mitra 5000, Mitra Kita. Serta Mitra-mitra yang lain yang banyak ditemukan disudut kota Pontianak.

5.       Jembatan Tol, bukan berarti itu rangkaian jembatan Tol yang berbayar seperti jalan Tol pada umumnya semisal Jembatan Suramadu. Jembatan Tol yang dimaksud adalah jembatan Kapuas yang menghubungkan Pontianak Kota menuju Pontianak Timur dan Utara. Dulu di tahun 80an s/d awal 90an memang diberlakukan sistem seperti jalan Tol yang berbayar. Kini tidak lagi. Walaupun begitu faktanya orang kota Pontianak masih akrab menyebut Jembatan Kapuas dengan sebutan jembatan Tol.

Itulah lima fakta unik dan sisi lain seputar kota Pontianak yang mungkin belum anda ketahui sebelumnya, semoga dimoment hari jadi yang ke 242 ini kota Pontianak  semakin diwarnai beragam  hal-hal unik dan beragam sehingga lebih mudah dikenal orang di penjuru Nusantara hingga masyarakat dunia. Amin...


#FaktaPTK #PTK242
Follow twitter: @rahmanraden

3 komentar:

12 Menit mengatakan...

Biasanya yg tepat di depan alun2 itu pendopo kabupaten dan masjid besar. Kok di pontianak beda?

the others mengatakan...

Halooo apa kabar? Lama aku tak mampir kesini ya?

Rahman Raden mengatakan...

12 Menit: Depan alun2 Pontianak ad dua kantor yaitu, Korem dan kantor Walikota, ttp warga akrabnya nyebut korem.

The Others : Thank uda singgah :)

Posting Komentar