Senin, 03 Januari 2011 | By: Rahman Raden

Ane Orang Pontianak


Sebenarnye orang tue ane bukan orang Pontianak asli, orang tue ane dari Jawe Timur tapi puluhan taun yang dulo' bapak dan emak ane hijrah ke Pontianak. Kalo boleh ane bilang, ane uda lama tak balek kampong cume dulu sempat kuliah di Jawe Timur. Ane lahir dan besa' di Pontianak sampe sekarang ane masih tetap berdomisili di kote ini. Sodare dan orang tue ane sekarang ade di Pontianak.

Secara emosional ane lebih suke tinggal di Pontianak karena Pontianak kote kelahiran dan kote tempat ane tumbuh besa' disana'. Cinte mati lah istilahnye, walaupun orang tue dari Jawe Timur tapi ane tetap cinte mati me kote yang satu ini. Ane tak pernah lupa me kampong halaman orang tue ane, terakhir  tahun 2008 ane ke kampong halaman bapak yaitu di Kabupaten Bangkalan sedangkan kampong halaman emak di Kabupaten Malang dan terakhir ane ke Malang taon 2005.
Mungkin ente-ente smue same dengan ane, kalo' yang namenye kote kelahiran dan kite besa' dikote itu pasti kite akan mengalami hal yang tak jauh bede yaitu cinte mati ma kote kelahiran. Kote Pontianak salah satu kote yang penduduknye terdiri dari sejumlah etnis tertentu, ade orang jawe, orang batak, orang mendure, orang bugis, orang sunda, orang tionghoa dan penduduk asli dari dulu yaitu orang melayu dan orang dayak. Nah tulisan yang ane pake sekarang adalah bahase Malayu, soalnye bahase persatuan secara umum di kote Pontianak dalam hal ini bahase sehari-hari semue pake bahase Melayu, kalo dalam forum formal seperti perkantoran, sekolah, pelayanan publik pasti pake bahase Indonesie.

Terus semue berkas-berkas administrasi kependudukan ane dan keluarge ane serba Pontianak soalnye sekarang semue tingggal di Pontianak dan almarhum bapak ane di makamkan di Pontianak jadi tidak mungkin kalo ane pindah tempat laen nanati siape yang nak nyekar ke kuburan bapak ane?. Bicare soal Jawe Timur suatu saat ane pasti datang kesana' untuk silaturrahim tapi bukan waktu dekat tak taulah kapan. Untuk kembali ke Jawe Timur pindah domisili itu tak pernah terlintas di pikiran ane. Suatu saat kalo ke Jawe Timur itu untuk liburan dan silaturrahim ke rumah keluarge yang ade disana'.

Tapi ane tak pernah mendiskriditkan atau menganaktirikan Jawe Timur, walaupun gimane Jawe Timur tetap ane cintai karena itu negeri orang tue ane dulu dan sebagai keturunannye ane harus ingat itu. Pontaiank tempat ane lahir jadi ane mau tinggal di Pontianak ja' soalnye orang tue dan semue keluarga ane uda tinggal di Pontianak, jadi Pontianak tempat ane hidup selamnya dan ane tetap menjadi warge yang baek untuk Pontianak.

4 komentar:

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

ornag apapun sama aja. sama2 Indonesia.

Corat - Coret [Ria Nugroho] mengatakan...

pontianak wah jauh ya heu :D

Fajar mengatakan...

satu nusa satu bangsa..om....itulah Indonesia...

Rahman Raden mengatakan...

@sang cerpenis n fajar: orang pa aj yg penting bhineka tunggal ika... oke thank ya
@Ria; lumayan jauh

Posting Komentar