Minggu, 30 Januari 2011 | By: Rahman Raden

Hapus Ruang Tamu: Modern


Tadi pagi saya nonton sebuah acara Griya di televisi swasta yang menampilkan sebuah rumah di Jakarta yang terbilang mewah dan yang jelas unik. Rumah tersebut jika dilihat dari luar dinding luar pada lantai dua penuh dengan umsur kayu yang cukup mendominasi serta kaca dan dinding putih dilantai dasar.

Saya tidak akan membahas detail acara tersebut namun saya akan mengupas sedikit ucapan orang yang memiliki rumah tersebut "Rumah Modern Adalah Rumah Yang Tidak Memiliki Ruang Tamu" dan memang dirumah tersebut tidak ada ruang tamu, yang kita temui saat kita masuk langsung ruang keluarga yang ukurannya strandar seperti rumah pada umumnya.
 
Basically kita sudah terbiasa mendengar jika di kota besar seperti Jakarta, hidup secara masing-masing tanpa mengenal atau tahu kepada tetangganya namun secara kultural masyarakat Indonesia yang memiliki keramahan dan kepedulian sosial yang tinggi tidak lagi tercermin jika mendengar ucapan Bapak dalam acara Griya di teve tersebut.

Fungsi ruang tamu adalah tempat untuk menghormati dan menjamu para tamu atau kerabat terdekat saat berkunjung kerumah kita, maka saat ruang tamu tidak ada maka akan di jamu dimana tamunya? Jadi jiwa sosial dan kekerabatan yang diaplikasikan dalam sebuah rumah sudah tidak lagi ditemukan dalam konsep rumah modern dan itu berdampak pada kehidupan sosial masyarakat yaitu tidak mau lagi menerima tamu dirumah dan lebih memilih tempat diluar rumah seperti restaurant, cafe dan tempat lainnya diluar rumah. Selain itu berdampak pada diri kita sebagai masyarakat yaitu bertamu kerumah orang tidak termasuk golongan masyarakat modern. Plis de ah modern nggak kaya gitu juga kali....

2 komentar:

fan mengatakan...

dari gambarnya lumayan keren ya..tapi gak semua orang Jakarta spt itu deh. ada juga yg masih mau nerima tamu.

dewi mengatakan...

sebenarnya tergantung gimana cara org menerima pendapat itu jg,mungkin sang pemilik rumah justru ingin menerima tamu nya langsung di ruang keluarga sehingga suasana yg tercipta lebih terlihat akrab dan hangat,tidak harus duduk kaku di ruang tamu

Posting Komentar