Senin, 21 Maret 2011 | By: Rahman Raden

Sesatkah Islam Alevi

Bukan Jalan-jalan Biasa tvOne benar-benar memberi pengatuan baru bagi pemirsa di Indonesia yang di peroleh dari luar negeri. Pada episode 20/03 kemarin tim BJJB yang di pandu Alvito Deanova mewawancarai salah satu tokoh agama Islam (menurutnya begitu) agama tersebut adalah Islam Alevi. terus terang islam Alevi baru saya dengar saat ini.

Saat ini jumlah menganut Islam Alevi di dunia sekitar 15 juta dan populasi terbanyak penganut Islam Alevi berasal dari negara Republik Sekuler Turki. Islam Alevi sendiri percaya adanya Allah Swt dan Nabi Muhammad, walaupun begitu Islam Alevi tidak menjalankan rukun Islam pada umumnya, termasuk tidak bersyahadat dan tidak puasa Ramadhan melainkan puasa di lain hari yang berbeda sesuai kepercayaan penganutnya.

Islam Alevi tidak sepenuhnya percaya pada Alquran, karena menurutnya Alquran tidak bisa membedakan antara sunah dan wajib. Dalam menjalankan ibadah tidak seperti umat Islam pada umumnya, Islam Alevi menggunakan ritual khusus yang di dalamnya terdapat tarian dan kaum laki-laki dan perempuan berada dalam satu lingkaran ritual yang mereka lakukan. Dalam ritual tersebut tidak mengambil air wudhu karena air tidak dapat menyucikan atau menghilangkan dosa. Sebenarnya hal tersebut bukanlah sholat, karena secara umum dalam Islam sholat itu di buka dengan takbiratul ihram dan di tutup dengan salam. Jadi konteks Islam Alevi tidak seperti yang di wahyukan Allah Swt kepada Nabi Muhammad. Sesatkah Islam Alevi? No Coment

Beginilah cara Islam Alevi melakukan ritual ibadahnya

*Sumber lain Dalam doktrin Alevi, Allah adalah kesadaran ilahi yang pertama menciptakan dan memberi bentuk kepada-Kull Nafs i, energi laten pasif yang ada di dalam Ketuhanan. Kull-i Nafs sebenarnya kekuatan nyata dari Allah untuk memberikan bentuk hidup, Dengan demikian, alam semesta fisik bayangannya adalah Allah. (*wikipedia)

Hingga saat ini Islam Alevi belum di akui oleh pemerintah Turki sebagai agama resmi negara tersebut. Namanya juga negara sekuler jadi tidak berpengaruh banyak terhadap masyarakat Turki, misalnya konflik SARA mengatasnamakan agama. Jika Islam Alevi ada di Indonesia saya jadi mikir setelah nonton BJJL tvOne yaitu tragedi seperti Ahmadiyah (mungkin) akan terjadi. Karena Islam Alevi adanya di Turki jadi mereka damai-damai aja hingga saat ini.

7 komentar:

Gaphe mengatakan...

aduh, nggak mau komen banyak.. ilmu saya kurang soalnya..

yang jelas, tegakkan prinsip : lakum dinukum waliyaddin.

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

met malam

Darwis Alwan El-Habsyi mengatakan...

yaah, kembali ke rasulullah saja lah.... dan aku yakin akan selamat! (NU)

Rahman Raden mengatakan...

gaphe: oke sy hargai itu
cerpenis;selamat malam juga
darwis: amin....

lutfi hakim mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
lutfi hakim mengatakan...

alevi ini salah satu aliran dalam syiah, dan syiah sesat secara umum

lutfi hakim mengatakan...

alevi ini salah satu aliran dalam syiah, dan syiah sesat secara umum

Posting Komentar