Rabu, 02 Maret 2011 | By: Rahman Raden

Legenda dan Mitos Bang Toyib


Sebenarnya siapa itu Bang Toyib, sosoknya tidak pernah ada dalam cerita rakyat Indonesia namun nama bang Toyib sering disebut-sebut hingga menjadi legenda yang sangat abadi di Indonesia, setelah lagu dangdut dengan judul yang sama meledak di pasaran pecinta Dangdut akhir 90an hingga tahun 2000 awal. Kita pasti sudah tahu kalau bang Toyib disosokkan sebagai pria beristri dan punya seorang  anak yang tiga kali puasa tiga kali lebaran tidak pulang-pulang kerumahnya.

Seiring berjalannya waktu sosok bang Toyib menjadi legenda tersendiri di dunia hiburan Indonesia. Walaupun keberadaanya hanya fiktif namun bang Toyib sering dijadikan bahan  untuk lelucon oleh pelawak di televisi saat ini hingga merambah ke dunia maya dan kehidupan sehati-hari. Bahkan saking legend-nya bang Toyib, group band Wali membuat lagu dengan embel-embel bang Toyyib yaitu judul lagunya Aku Bukan Bang Toyib. 

Sungguh tidak menyangka berangkat dari sebuah judul lagu Dangdut, kini sosok bang Toyib menjadi istilah bagi suami-suami yang jarang pulang ke rumah. Bang Toyib benar-benar tidak pulang hingga saat ini, keberadaannya tidak diketahui apakah sudah beristri lagi atau mungkin sudah meninggal dunia.

Bang Toyib siapapun dirimu, ada atau tidak pernah ada ada dalam kehidupan sungguh dirimu menjadi cerita abadi di dunia hiburan Indonesia. Sosokmu seperti alien yang keberadaannya seperti mitos hingga membuat sosokmu dijadikan ide-ide cemerlang untuk menjadi sebuah karya yang terbaik bagi anak bangsa Indonesia.

5 komentar:

catatan kecilku mengatakan...

Bang Toyib emang sangat populer ya...?

the others.... mengatakan...

Jadi inget temanku yg ngatain suaminya adalah Bang Toyib karena sering dinas ke luar kota... hahaha

place to study mengatakan...

Shasa gak tahu nih lagu Bang Toyib...

Darwis Alwan El-Habsyi mengatakan...

bang toyib tetangga aku man!
hahahaha
sameee tak pernah bale'

Rahman Raden mengatakan...

Sasha minta cariin ma mama mu lagu dangdut bang toyib. tu lagu legend banget loh....

Posting Komentar