Kamis, 07 April 2011 | By: Rahman Raden

Fenomena Mau Tapi Malu


Apa yang kita lihat dari fenomena Sinta dan Jojo, Udin Sedunia serta Briptu Norman yang mendadak poluler di Youtube?

Menurutku apa yang dilakukan oleh pesohor Indonesia yang lahir dari Youtube itu adalah sebuah alat bukti bahwa rakyat Indonesia tidak akan pernah mematikan atau melupakan musik dangdut dan musik India. Apalagi menurut Raja Dangdut Rhoma Irama musik dangdut banyak dipengaruhi oleh musik India. Semua itu ditunjukan oleh Sinta-Jojo, Udin Sedunia dan Briptu Norman yang mereka terkenal karena musik dangdut dan musik India.

Selama ini sebagian masyarakat Indonesia diam-diam menyukai musik yang bisa mengundang pinggul bergoyang tersebut namun mereka malu-malu dan seolah menutup diri bahwa  sebenarnya jati diri musik rakyat Indonesia adalah musik dangdut dan sejenis India, terutama warga perkotaan yang malu-malu mengatakan musik dangdut musik favoritnya.

Coba kita teliti fenomena Sinta-Jojo, Udin Sedunia dan Briptu Norman adalah fakta bahwa mesyarakat perkotaan yang selama ini emoh dengan dangdut dan musik India ternyata gemar juga sehingga fenomena-fenomena Youtube kerap terjadi belakngan ini. Mengapa saya menyebut masyarakat perkotaan? karena Youtube hanya bisa di akses melalui Internet dan sebagian besar Internet di Indnesia hanya bisa di akses di perkotaan, di bandingkan dengan desa beda jauh. Mungkin menurut saya 10 dari desa di Indonesia hanya 2 yang bisa mengakses Internet.

6 komentar:

Fajar mengatakan...

yups..betul..om..kadang banyak orang gengsi kalau mo bilang..aku suka dangdut..juga.. padahal aslinya juga ikut...goyang kalau ada lagu dangdut..

Rahman Raden mengatakan...

Nah bung fajar ternyata rdk malu mengakui jati dirinya sebagai penyuka dangdut, bagaimana dengan yg lain?

i-one mengatakan...

wah,dangdut enak gitu kok..
hehe

Gaphe mengatakan...

semakin kontroversial dan semakin menggila video yang diunggah ke youtube, memang bakalan semakin banyak yang disukai. Lah, dulu bukannya SM*SH juga terkenal lewat youtube kan?.. soalnya pertama dulu saya taunya malah dari youtube sbelum kayak sekarang

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

masa dangdut musik desa? Bukankah musik itu universal sifatnya

Rahman Raden mengatakan...

musik emang universal. musik dangdur di indonesia sbg musik rakyat n sy tdk pernah mngatakan dangdut itu desa

Posting Komentar