Minggu, 13 Februari 2011 | By: Rahman Raden

Balada Lagu Arab Khas Orang Awam

Penyanyi Keturunan Arab Seperti Ini Yang Tidak Dikenal Oleh Pak Haji

Ini cerita aneh namun ada sedikit lucunya menurut saya....

Tetangga saya seorang pak Haji (Haji Junaedi) sedang merayakan pesta sunatan anak bungsunya yang berumur sebelas tahun. Pak Haji itu sehari-hari bekerja sebagai tukang kebun dan kebunya banyak berhektar-hektar jadi boleh dibilang pak Haji yang satu ini sibuk dengan kebunnya sampai-sampai dia termasuk orang-orang yang disebut awam, ya jelas saja awam wong pendidikannya SD tidak tamat dan sejak kecil sudah akrab dengan kebunya itu.

Nah bicara soal sunatan anak bungsu laki-lakinya, dia mengundang para tetangga dan kerabat dekatnya di acara sunatan itu (sunatan juga dikenal dengan Khitanan) biar tambah meriah pak Haji menyediakan sound sistem dengan lagu-lagu pengiring acara. Nah sang operator memutarkan lagu-lagu bernuansa religi seperti lagunya Oprick, Ungu yang religi dan lagu-lagu religi asli Indonesia termasuk Kota Santrinya Anang dan Sahrini.

Namun apa yang terjadi pak Haji yang awam itu tidak mau dengan lagu-lagu religi Indonesia, beliau marah sama operatornya dan pak Haji meminta diputarkan lagu-lagu berbahasa arab, biar nuansa sunatannya lebih kental dan acara tersebut tidak miriplah dengan pesta perkawinan, menurut pak Haji sih gitu.

Maka apalah daya lagu religi Indonesia di ganti dengan lagu berbahasa arab yang bukan lagu religi karena waktu itu tidak ada VCD lagu religi berbahasa arab yang ada hanyalah lagu-lagu arab yang berisi lagu-lagu percintaan cuma bahasanya pake bahasa arab dan gilanya lagi vedeo klip lagu-lagu dari timur tengah itu berisi wanita-wanita cantik dengan pakaian seksi seperti yang saya kenal yaitu Nancy Ajram.

Saya jadi mikir, sebagian orang awam di Indonesia masih memandang lagu-lagu berbahasa arab itu pasti lagu religi, padahal tidak semua lagu berbahasa arab timur tengah bernuansa religi karena komersialisasi sekarang sudah menyebar kepelosok dunia. pak Haji Junaedi sekarang sudah 2011 kok pak Haji belum tahu sih membedakan yang mana lagu religi dengan lagu-lagu konvensional.... 

Plis deh pak Haji, sekali-kali gabung kek ma kita biar tahu bedain mana yang religi dan yang bukan, sebagian tamu yang kemarin ada yang ketawain pak Haji loh. he..he...38x

2 komentar:

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

wah, ceweknya cakep tuh.

Rahman Raden mengatakan...

secakep situnya...kali lah

Posting Komentar