Rabu, 16 Februari 2011 | By: Rahman Raden

Konflik SARA: Sekulerkan Indonesia


Belakangan hari terakhir wajah keragaman beragama di Indonesia mulai tercoreng, kelompok (oknum) yang mengatasnamakan agama tertentu telah melakukan kesalahan besar dengan membuat kekacauan yang membuat masyarakat resah. Masalah lain belum kelar di republik ini tiba-tiba konflik SARA muncul sehingga butuh penanganan serius karena ini menyangkut keyakinan seseorang.

Kalau memang pemerintah dan lembaga lain yang berwenang tidak bisa menyelesaikan secara baik isu konfik SARA saat ini saya pribadi punya ide yaitu mensekulerkan Indonesia. Jika Indonesia menjadi negara sekuler maka semua bebas memeluk keyakinan sendiri sehingga pemerintah tidak lagi di buat pusing dan menyelesaikan kasus mafia hukum yang sangat akut bisa terfokus.

Memang tidak mudah menjadikan Indonesia menganut sekularisme karena Indonesia negara ketuhanan, kalau bicara ketuhanan berarti bicara agama. Sesuai sila pertama Pancasila "Ketuhanan Yang Maha Esa" itulah kesulitannya karena hal ini akan semakin membuat masalah baru di masyarakat. Tetapi menurut saya itu jalan terbaik agar konflik SARA atas nama agama tidak lagu terjadi.

Memang ide konyol kesannya, tetapi boleh seandainya di bahas oleh DPR RI. Memang saya tidak terlalu paham tentang kenegaraan, masalahnya Indonesia itu banyak memiliki agama jika agama dijadikan  sebagai  lahan  konflik apa lagi jika konflik agama dikaitkan dengan politik kan nggak lucu. Indonesia sekuler maka orang Indonesia bebas memeluk agama keyakinannya masing-masing. Coba anda pikirkan ide saya ini walaupun dua menit saja !!!

8 komentar:

Gaphe mengatakan...

sebentar, tunggu 2 menit
#mikir..

kayaknya kalo dibahas bakalan lama dan nggak ada ujungnya deh.

menurut saya, Negara ikut campur kehidupan agamanya itu malah harus.. karena seharusnya sesuai sama sila 1 pancasila kan!

Rahman Raden mengatakan...

gaphe: klo indonesia di sekulerkan maka ada revisi pd sila pertama pancasila.
klo indonesia g mau jadi negara sekuler ya sy minta pemerintah tegas dlm melindungi warganya dlm beragama sesuai keyakinan masing2

catatan kecilku mengatakan...

Konflik dan kerusuhan yg terjadi akhir2 ini memang cukup membuat gundah. Kemana rasa persatuan dan kekeluargaan yg dulu sangat kental terasa?

the other mengatakan...

Aku rindu Indonesiaku yg damai... Semoga tak akan ada lagi permusuhdan dan perseteruan itu.

Place to Study mengatakan...

Serem juga ya berita2 pertentangan agama kemarin itu.

jejak langkahku mengatakan...

Selamat siang... ijin singgah disini ya?

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

seandainya tidak ada lagi keributan spt ini ya.alangkah indahnya

Anonim mengatakan...

mungkin yang mengatasnamakana agama islam adalah orang2 yang mengaku islam sebenarnya bodoh akan apa yang diajarkan islam ataukah hanya islam2an yang ingin menghancurkan agama islam maupun persatuan Indonesia?. surat al kafiruun ayat terakhir 'lakuum diinukum wa liya diin' bagimu agamamu bagiku agamaku.
serta firman Allah dalam Al-qur'an menjelaskan tidak boleh melakukan pengrusakan di dunia maka akan terkena laknat dari Allah..
insyaAllah semuanya kembali pada Al-qur'an dan Hadits serta mengikuti keseharian Nabi Muhammad SAW. amin

Posting Komentar