Senin, 21 Februari 2011 | By: Rahman Raden

Pake Jilbab Tidak Boleh Kerja?


Tadi pagi saya membaca surat pembaca di salah satu media cetak di kota saya, pembaca tersebut adalah wanita yang mengeluh karena saat melamar kerja dia diminta oleh manajemant perusahaan terdebut (sebuah pusat perbelanjaan) agar melepaskan jilbabnya jika ingin bekerja di tempat tersebut. Jelas sang gadis tersebut keberatan jika harus melepaskan jilbabnya maka akhirnya gadis itu memilih tidak bekerja ditempat tersebut.

Saya jadi heran Indonesia menganut Pancasila tapi kok terselubung Sekuler. Bapak (manajement) yang terhormat apakah wanita berjilbab bisa membuat konsumen kabur ya? Nggak lucu banget tu manajemant bisa-bisanya melarang karyawan wanita bekerja ditempatnya hanya karena berjilbab. Di eropa isu seperti itu mulai reda tapi di Indonesia mulai cari masalah lagi? Ini tugas untuk Dinas Tenaga Kerja (pemerintah) untuk menyelesaikan masalah diskriminasi.

9 komentar:

Gaphe mengatakan...

tapi sebenernya itu juga pilihan koq.. kalo emang wanitanya kekeh pengen berjilbab, ya mungkin bekerja disitu tidak cocok untuknya..

karena kadang memang banyak profesi yang nggak ngebolehin berjilbab.. balik ke pilihan sih.

walaupun buat saya pribadi itu juga nggak masuk akal

catatan kecilku mengatakan...

Aku setuju dg pendapat Gaphe. Berarti tempat itu tak cocok utk wanita tsb. Bisa dibilang, dia tak 'berjodoh' dg pekerjaan itu.
Aku yakin pasti ada tempat lain yg jauh lebih baik utknya.

the other mengatakan...

Maaf baru sempat mampir disini... soalnya susah banget masuk kesini.

Rahman Raden mengatakan...

Tapi setidaknya memberi pengertian ma tu cewek agar menguak ke permukaan (media) tapi gaphe masuk akal juga

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

tergantung pekerjaannya juga. kadang memang ada kerjaan yg gak bisa dilakukan kalo memakai jilbab. tapi kalo masih bisa, ya mestinya sih gak masalah.

7 taman langit mengatakan...

sungguh kenyataan yang ironi
salam kenal

yana mengatakan...

kunjungan perdana
salam kenal

batam room boy mengatakan...

saya setuju
seharusnya negara ini menjamin kebebasan Rakyatnya dalam beragama termasuk dalam berpakaian

Rahman Raden mengatakan...

Salam kenal juga dari saya.... semoga kita langgeng hehehe...6576765x

Posting Komentar